MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI MENYABET JUARA 2 LOMBA DEBAT NASIONAL

Jurusan pendidikan ekonomi UNESA tak hentinya menoreh prestasi. Pada lomba debat yang diadakan Ikatan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia (IMAPESI) di Universitas Jember, tim dari Pendidikan Ekonomi UNESA yang beranggotakan Sayekti Winarsih (PAK 2016 A), Tri

Dari kiri ke kanan: Dwi Indah Artaverlina (PAP 2017A), Sayekti Winarsih (PAK 2016 A), dan Tri Winasih (PAK 2017 A) saat penerimaan hadiah

 Winasih (PAK 2017 A), dan Dwi Indah Artaverlina (PAP 2017A) berhasil mendapatkan Juara 2. Lomba ini sendiri mengangkat tema  Suistainable Development Goals sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Suistainable Development Goals adalah sebuah program dari PBB untuk mencapai 17 tujuan global yang mencakup pembangunan di bidang sosial dan ekonomi meliputi isu-isu: kemiskinan, kelaparan, kesehatan, pendidikan, perubahan iklim, kesetaraan gender, air, sanitasi, energi, urbanisasi, lingkungan, dan keadilan sosial. Suistainable Development Goals (SDGs) lebih dikenal dengan 2030 Agenda.

Terbentuknya tim yang keren ini tidak lepas dari upaya dosen-dosen Pendidikan Ekonomi  yang melakukan seleksi untuk mencari mahasiswa terbaik yang layak mewakilkan UNESA di tingkat nasional. Setiap anggota tim memiliki motivasi yang berbeda untuk turut serta dalam kompetisi ini. Sayekti bercerita bahwa ia ingin meningkatkan kualitas dirinya sekaligus keinginan memiliki pengalaman yang lebih banyak. Indah mengaku menyukai kompetisis sehingga ia ingin mengasah kemampuan di ranah debat, sedangkan Tri Winasih berkata ingin mengenal tentang IMAPESI sekaligus mencari teman se-Jurusan dari seluruh Indonesia.

 

 Meskipun para perwakilan mengaku hanya melakukan persiapan dalam waktu yang cukup singkat, baik Sayekti, Tri winasih, dan Indah mampu memaksimalkan usaha mereka saat hari perlombaan. Proses selama lomba dirasa cukup melelahkan bagi tim dari UNESA tetapi semuanya terbayar dengan hasil yang mereka capai. Lagipula, perlombaan ini bertujuan untuk mempertemukan dan mendekatkan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi di seluruh Indonesia selain mengasah kemampuan debat dan pengetahuan mahasiswa tentang isu perekonomian terkini, jadi ada perasaan senang tersendiri saat bertmu dengan kawan-kawan se-Jurusan dengan warna-warni almamater yang berbeda serta latar belakang daerah yang berbeda pula.

Ketiga anggota tim memiliki pengalaman di ranah debat yang cukup kuat. Sayekti dan Indah sebelumnya juga turut berpartisipasi dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), sedangkan Tri Winasih pernah mengikuti lomba debat bahasa Indonesia sewaktu berada di SMK. Dapat mencapai prestasi di tingkat Nasional tentunya memberikan kebanggaan tersendiri bagi ketiganya. Selain bercerita tentang pengalaman selama mengikuti lomba di Universitas Jember tersebut, Sayekti, Tri Winasih, dan Indah juga menyempatkan diri berbagi tips-tips kepada kawan-kawan pembaca agar tidak malas untuk terus berusaha mengukir prestasi. Mengutip dari wawancara yang kami lakukan sebelumnya, Sayekti berpesan untuk jangan pernah malu dan takut untuk meningkatkan kualitas diri dan mengambil risiko, seorang mahasiswa harus selalu berpikir secara visioner, mau mempelajari segala hal, serta tidak mudah putus asa. Tips yang disampaikan Tri Winasih adalah jangan pernah takut mencoba segala sesuatu yang baru, Indah menambahkan bahwa memiliki keprecayaan diri memang penting, tetapi lebih penting jika kita tidak lelah mengasah potensi diri karena siapapun bisa berprestasi.